Git

Logo Git

Artikel ini berisi perkenalan sedikit tentang Version Control terutama Git beserta alasan mengapa kita (software developer) perlu mempelajarinya.

Apa itu Version Control ?

Version Control (kontrol versi) adalah sebuah sistem yang berguna untuk melacak dan mengawasi setiap perubahan (tracking and watching changes) pada kode selama masa pembuatan software. Pelacakan perubaan kode ini sangat bermanfaat terutama pada project berskala besar yang dibuat oleh banyak programmer, koordinasi antar programmer akan semakin baik jika semua perubahan pada kode diketahui.

Kemampuan tracking changes pada version control membuat kita (software developer) perlu mempelajarinya. Terutama bagi programmer pemula, fitur tersebut bisa digunakan sebagai pencatat dan pengingat alur belajar pemrograman.

Pada dasarnya, semua kode yang pernah dimasukkan ke version control (commit) akan diawasi perubahannya (tracked) oleh version control.

Kenapa Version Control Git?

Ada cukup banyak version control, seperti Bitkeeper, Helix Core, Apache Subversion, Mercurial, CVS, Bitbucket, dan Git. Namun yang akan kami bahas yaitu Git Version Control.

Git adalah suatu sistem version control yang paling banyak digunakan, ini tidak lepas dari dukungan terhadap hosting git repositori yang terkenal seperti Github dan Gitlab.

Alasan yang mungkin membuat orang belajar Git yakni beberapa perusahaan beranggapan bahwa memiliki kemampuan version control terutama Git adalah sebuah kelumrahan bagi seorang programmer.

Mengerjakan project bersama

Ada suatu pepatah mengatakan:

Nothing Great is built alone (tidak ada sesuatu luar biasa yang dibuat seorang diri)

Alasan lain kita perlu belajar git yakni kemungkinan untuk kita mengerjakan project sendirian itu sangat kecil. Kita akan berkolaborasi dengan orang lain, dan git sangat membantu untuk itu.

Git tidak sesusah yang dipikirkan

Banyak orang yang menganggap git cukup rumit untuk dipelajari, mungkin karena banyaknya perintah pada terminal atau command line yang harus diingat, atau tahapan-tahapan untuk berkolaborasi yang cukup banyak seperti clone, branch, commit, push, pull, code review dll.

Perintah command line pada Git tidak semuanya akan digunakan, mungkin hanya beberapa saja. Pada tutorial Git di Kodekami, kita akan belajar secara bertahap sampai kamu terbiasa dengan git command line.

Bekerja secara remote

Bekerja secara remote (jarak jauh) telah menjadi sebuah kebiasaan baru dalam dunia pemrograman terutama setelah masa pandemi. Kini kita bisa melakukan meeting online, mengatur kolaborasi tim dengan project management app seperti Trello, dan tentu saja melakukan kolaborasi dalam software development dengan menggunakan version control seperti Git.

Perihal di atas adalah beberapa alasan kita seharusnya belajar Git, masih banyak alasan lain yang mungkin akan kamu temukan ketika kamu telah mendalami Git dan menggunakannya di dunia kerja.

Yuk kita mulai belajar Git Version Control dalam Bahasa Indonesia. 🚀

©2021, All Rights Reserved

Privacy Policy | DMCA | Telegram