Instalasi Git dan Membuat Repositori Pertama

Artikel ini membahas cara instalasi Git, konfigurasi Github pada Git, serta membuat repositori remote dengan mengupload repositori lokal.

Git adalah suatu sistem version control yang bisa digunakan diberbagai sistem operasi (Windows, Linux, dan MacOs) sehingga memungkinkan kita berkolaborasi dengan orang lain yang menggunakan operasi sistem berbeda. Keuntungan lainnya yakni perintah (command) di dalam Git berlaku secara universal, semisal kamu pengguna Linux dan MacOs maka kamu tetap bisa mengikuti tutorial Git di situs ini meski kami menggunakan operasi sistem Windows.

Instalasi Git

Instalasi Git umumnya sama di semua sistem operasi, kita hanya perlu mendownload installer Git terbaru kemudian menjalankan file installernya untuk mulai proses instalasi sampai selesai.

Pada beberapa versi Linux dan MacOs terbaru, Git telah menjadi aplikasi bawaan. Jika kamu bukan pengguna Windows, maka kamu bisa instal versi Git terbaru melalui Pada tutorial ini kami akan menLangkah pertama mendownload versi Git terbaru di https://git-scm.com/downloads sesuai sistem operasi komputer kamu.

Daftar Isi