Pengenalan Komponen React

Komponen React adalah bagian-bagian UI dari aplikasi React. Dimulai dari bagian UI terbesar (seluruh tampilan aplikasi) sampai ke bagian UI terkecil seperti input, button dll. Komponen React dapat ditulis berupa class dan bisa berupa function. Pada tutorial ini kami berfokus pada pembuatan komponen React dengan fungsi (function component React).

Kita bisa mengibaratkan komponen React sebagai mainan Lego. Sebuah mainan Lego yang utuh terdiri dari beberapa komponen, dan komponen-komponen tersebut bisa terdiri dari beberapa komponen juga, sampai ke komponen paling sederhana.

Berikut ini contoh pohon komponen (component tree), sebuah komponen besar bisa terdiri dari komponen yang lebih kecil dan seterusnya.

Contoh component tree
Component Tree: Komponen bisa terdiri dari komponen lain

Tujuan dari pembuatan komponen React adalah reusable code (kode yang bisa digunakan kembali) yang tidak hanya berisi JSX namun juga bisa berisi logika. Kode di dalam komponen React bersifat independen dan terisolasi. Sehingga Data yang ada di dalamnya tidak akan dipengaruhi maupun mempengaruhi komponen lain, kecuali jika terjadi transaksi data antar komponen.

Daftar Isi

©2021, All Rights Reserved

Privacy Policy | DMCA | Telegram